Selasa, 07 Mei 2013

Teori Organisasi Umum 2, Resume Pertemuan ke 2 (Masalah Ekonomi)



Masalah Ekonomi.

Pada jaman sekarang ini banyak masalah tentang ekonomi karena ekonomi adalah kebutuhan dari setiap individu orang atau yang hidup di dunia ini, apabila dari sebuah negara ekonominya kuat maka otomatis warga negaranya pasti akan mendaptkan dampak yang posotif tetapi bila ekonominya lemah maka warga negaranya akan merasakan kemiskinan dan tidak sejahtera, karena itu negara adalah peran penting dari setiap warga negaranya.
Masalah ekonomi adalah masalah berkaitan dengan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, mulai dari jual beli tawar menawar dll. Sebernanya masalah ekonomi bukan hanya sebuah masalah yang harus diatasi oleh pakar ekonom saja tetapi ini masalah kita bersama bagimana kita bisa menyelesaikan masalah dalam ekonomi ini agar warga negara kita bisa terjamin atas ekonominya tersebut supaya warga negara bisa sejahtera dan hidup makmur.
Ada bebreapa dampak masalah ekonomi yang ada pada negara kita ini, yaitu :

Kemiskinan
Masalah ini hal yang paling ditakuti dari setiap manusia, karena kemiskinan adalah ketidak mampuan dari seseorang untuk memnuhi kebutuhan hidupnya, atau ketidak mampuan dari sebuah perkerjaan yang memiliki hasil yang sangat minim dan tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup seseorang.

Kesejahteraan
Setiap manusia ingin mendaptkan kesejahteraan karena semua kebutahan ekonomi akan dapat terpenuhi, karena hakikatnya manusia ingin kaya dan makmur agar mereka bisa hidup bahagia tapi untuk mendapatkan kesejahteraan tersebut mereka harus berjuang keras untuk mendaptkan penghasilan yang lebih.
Masalah ini erat dengan yang namanya kemiskinan  sebuah negara yang sebagian besar penduduknya sudah sejahtera pasti penduduknya sedikit yang miskin, begitu pula sebaliknya.

Lapangan Pekerjaan
Lapangan pekerjaan menjadi masalah salah satu contoh dari ekonomi, apa bila lapangan kerja minim otomatis orang akan merasakan dampak dari kemiskinan tersebut, makanya sangat pengaruh dari sebuah lapangan pekerjaan untuk bisa memenuhi kebutahan ekonomi dari tiap individu tersebut, agar penduduk bisa sejahtera maka harus diperbanyak lapangan pekerjaan itu ada supaya tidak banyak lagi penduduk yang menganggur karena tida bisa mendapatkan lapangan pekerjaan,  masalah ini sangat penting agar kemiskinan bisa teratasi dan bisa berkuarang sedikit demi sedikit.

Harga Kebutuhan Pokok Manusia
Harga barang atau sembako akan melambung tinggi apabila tidak dikontrol, yang dijadikan alasan kenapa harga sembako tinggi karena makin banyak permintaan dari pada kesediaan barang tersebut, inilah yang membuat harga barang jadi naik.
Seharusnya pemerintah yang menontrol hal tersebuat agar bisa disesuaikan harganya dengan keadaan ekonomi tersebut, agar tidak terjadi dampak buruk apa bila dari harga sembako yang terus naik tidak balance dengan pengahsilan dari penduduk tersebut.

Profit
Dalam menjalakan sebuah usaha , agar dipikirkan matang-matang bagaimana mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, dalam kehidupan masyarakat sekarang, segala hal akan dilakukan untuk mengejar dari keuntungan tersebut ini baik untuk hal yang baik atau pun hal yang buruk.

Sistem Ekonomi
Sistem ekonomi pasti akan selalu beragam tiap negara, sebut saja kapitalisme, sosialisme, mix (campuran), sekarang ini dunia disebut memasuki fase non ideologis, dimana corak sistem ekonomi tersebut melebur menjadi satu.

Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi sangat identik dengan tingkat kesejahteraan, namun juga haruslah diperhatikan dengan pemerataan kesejahteraan tersebut. Bisa jadi seseorang memiliki pendapatan yang tinggi namun di sisi lain, ada sebagaian orang yang memiliki pendapatan yang sangat rendah.

Hutang
Negara kita masih memiliki utang dari nengara-negara yang ekonominya mungkin sudah kuat dari segi ekonmoinya, bahkan ilmu ekonomi kontemporer mengenal istilah debt trap (perangkap hutang). Sebuah analisi masalah untuk mengetahui apakah negara pengutang tersebut telah terjerat ke dalam perangkap hutang. Karena apabila negara kita ini banyak hutang pada negara lain maka ekonomi negara kita ini sangat dipengaruhi oleh negara tersebut yang memberika hutang kepada negara kita senidiri, otomatis ekonomi kita masih mengalami kelemahan.

Ekonomi Politik
Era sekarang ini ilmu ekonomi tidak bisa berdiri sendiri. Masalah ekonomi tidak bisa diselesaikan dengan memakai pandangan tunggal. Sebab itu politik terinteregasi untuk melihat permasalahan secara lebih luas dan dalam.
Ekonomi politik ini diperlukan untuk mendapatkan menyelesaikan semua permasalahan ekonomi yang ada termasuk contoh masalah ekonomi yang disebutkan diatas.


Dari beberapa permasalahan ekonomi tersebut bisa kita simpulkan bahwa ekonomi pada negara kita belum bisa kita katakan sejahtera karena masih banyak diluar sana yang merasakan bagaimana sulitnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena begitu banyak permasalahan yang sedang kita alami seperti kekurangan lapangan perkejaan, SDM, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar